Saturday, October 13, 2012

Konfigurasi Samba Pada Debian 6 (Squeeze)


Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan praktik mengkonfigurasi samba pada Debian 6, masing-masing menyiapkan computer yang di dalamnya terdapat virtual computer dengan operating system debian 6 (squeeze) dan network adapter bridge, kemudian kedua computer tersebut kita hubungkan dengan kabel UTP cross agar bisa berkomunikasi.
Beberapa cara mengkonfigurasi sharing samba pada Debian 6 dengan Windows XP Profesional supaya dapat berhubungan atau saling tukar menukar data (sharing file). Langkah pertama yaitu menginstall paket samba pada Debian 6.
1.       Power On-kan Debian 6 dan login sebagai root. Kemudian buka terminal dan ketikkan apt-get install samba samba-client swat tekan Enter.

2.       Ada konfirmasi untuk lanjut tekan tombol Y lalu Enter.

3.       Akan muncul konfirmasi pemberian nama workgroup. Secara default akan tertulis WORKGROUP tetapi jika ingin diubah juga tidak masalah yang terpenting nama workgroup komputer server sama dengan nama workgroup komputer client. Untuk lanjut tekan Enter.

5.       Ubah file yang akan di-sharing supaya dapat dilihat/diedit oleh cient dengan cara chmod 777 <nama file yang di-sharing>
Misal chmod 777 kelompok9

6.       Untuk mengakses folder samba yang akan dishare, user yang digunakan adalah user khusus untuk samba. Untuk itu, kita perlu membuat user samba minimal 1 user.
Ketikkan useradd siswa lalu Enter.
Kemudian ketik smbpasswd –a siswa lalu Enter dan akan diminta memberi password pada user siswa tersebut.

7.       Berikutnya kita akan menyiapkan konfigurasi sharing file direktori /home/nur/kelompok9. Ketikkan nano /etc/samba/smb.conf lalu Enter. Pada akhir file tersebut ubahlah menjadi seperti berikut ini dan simpan konfigurasi file tersebut.
 
1.   Kita dapat melihat user apa saja yang ada dalam system dengan mengetik cat /etc/passwd lalu enter

8.       Restart /samba/smb.conf dengan cara /etc/init.d/samba restart lalu Enter.

9.       Cek pada komputer client apakah bisa mengakses file yang telah di-share oleh server tadi.
Selamat mencoba... :)
Good Luck!


1 comments:

Belajar bareng said...

makasih ya mbak

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates